Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire
Main Author: | Hudaifa, Dinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168867/1/Dinda%20Hudaifa.pdf http://repository.ub.ac.id/168867/ |
Daftar Isi:
- Malang Menyapa merupakan aplikasi mobile yang dirilis oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam rangka pengembangan potensi budaya dan pariwisata Kota Malang. Aplikasi ini memiliki tujuh fitur utama, antara lain destinasi, shopping, hotel, food, oleh-oleh, travel serta entertainment. Aplikasi mobile Malang Menyapa telah diunduh sebanyak 5 ribu kali dan memiliki rating 4.3. Namun pengguna berpendapat bahwa aplikasi tersebut memiliki beberapa masalah, misalnya pada user interface kurang menarik serta pemilihan font dan desain konten dianggap tidak sesuai. Permasalahan lain berkaitan dengan maps aplikasi yang hanya menampilkan lokasi tujuan tanpa menampilkan jarak tempuh dan rute yang dapat diakses, tidak terdapat kolom pencarian serta tata letak kurang rapi dan membingungkan. Dengan mempertimbangkan permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat usability aplikasi mobile Malang Menyapa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan serta mengetahui perbandingan tingkat usability sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dan USE questionnaire. Responden yang dilibatkan terdiri dari tiga kelompok pengguna (teens, college students dan adults) dan diambil tiga orang perwakilan dari masing-masing kelompok. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal dan pengujian akhir setelah dilakukan perbaikan. Langkah pertama, yaitu responden diminta untuk mengerjakan skenario tugas. Kemudian responden mengisi USE Questionnaire untuk mengetahui nilai usability pada aplikasi mobile Malang Menyapa dan hasilnya akan dianalisis. Langkah selanjutnya, melakukan wawancara kepada responden untuk mengetahui permasalahan yang dialami ketika menggunakan aplikasi. Setelah permasalahan didapatkan, maka akan diberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan nilai usability aplikasi. Untuk pengujian akhir (setelah dilakukan perbaikan), langkah yang dilakukan sama dengan pengujian awal dan hasilnya kemudian dibandingkan. Berdasarkan pengujian tersebut, diperoleh hasil berupa nilai usability pengujian awal sebesar 60.27% dengan predikat CUKUP. Sedangkan, pengujian akhir menghasilkan 73.68% dengan predikat BAIK.