Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Dalam menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Studi pada: SMK Negeri 2 Malang)

Main Author: Puspitasari, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168848/1/Indah%20Puspitasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/168848/
Daftar Isi:
  • Instansi pendidikan saat ini mengajarkan tentang teknologi untuk mengejar perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin maju. Pada SMK Negeri 2 Malang, teknologi dipelajari secara khusus dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Keberhasilan proses pembelajaran dapat diukur melalui prestasi belajar. Namun, terdapat beberapa faktor yang mampu memengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini mengukur faktor pengaruh motivasi, minat dan keadaan sosial ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah motivasi belajar, minat belajar dan keadaan ekonomi mampu memengaruhi prestasi belajar pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan baik secara sendiri atau simultan (bersamaan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada program keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang ada sebesar 106 siswa secara keseluruhan dari kelas X. Sampel yang digunakan melihat dari aturan umum (rule of thumb) dengan teknik random sampling yaitu sebesar 30 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jenis kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa baik secara sendiri-sendiri maupun keseluruhan Ho diterima dan Ha ditolak, dengan masingmasing rincian dilihat dari nilai signifikan untuk minat belajar dengan prestasi belajar adalah 0,91 > 0,05, motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,67 > 0,05, keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar adalah 0,12 > 0,05 dan secara bersamaan adalah 0,47 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar, motivasi belajar dan keadaan sosial ekonomi tidak memiliki pengaruh dengan prestasi belajar.