Analisis Faktor Nonlinier Untuk Mengidentifikasi Minat Penggunaan GO-PAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya)

Main Author: Santiwijaya, Erdian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168776/1/Erdian%20Santiwijaya%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168776/
Daftar Isi:
  • Analisis faktor nonlinier digunakan untuk data yang memiliki skala campuran. Penelitian ini menggunakan model pengukuran reflektif dengan menggabungkan skala data metrik dan nonmetrik. Variabel yang digunakan adalah variabel demografi dan variabel minat menggunakan Go-Pay. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dalam menggunakan Go-Pay dan untuk mengetahui karakteristik segmentasi pasar pengguna Go-Pay. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan responden mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yang pernah atau sedang menggunakan layanan Go-Pay. Metode yang digunakan adalah analisis faktor nonlinier. Hasil Penelitian ini menunjukkan minat mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dalam menggunakan Go-Pay terbagi menjadi tiga faktor. Tiga faktor yang merefleksikan mahasiswa Fakultas MIPA dalam menggunakan layanan Go-Pay adalah faktor karakteristik pribadi konsumen, faktor ekonomi dan faktor gaya hidup konsumen. Faktor karakteristik pribadi konsumen direfleksikan oleh jenis kelamin, umur dan jurusan konsumen Go-Pay. Faktor ekonomi direfleksikan oleh uang saku per bulan yang dimiliki mahasiswa Fakultas MIPA. Faktor gaya hidup konsumen direfleksikan oleh daerah asal, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi risiko, loyalitas, keamanan dan kualitas pelayanan.