Pemodelan Sistem Filtrasi Pm0,1 Dan Pm2,5 Berbasis Elektrostatis Bertegangan Rendah (Dc) Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor

Main Author: Pahlevi, Rezha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168763/1/REZHA%20PAHLEVI.pdf
http://repository.ub.ac.id/168763/
Daftar Isi:
  • Hasil pengukuran filtrasi partikulat matter kendaraan bermotor memiliki kekurangan salah satunya ialah nilai ketepatan. Banyaknya faktor luar menyebabkan meningkatnya kesalahan relatif pengukuran. Penggunaan metode numerik untuk pemodelan kinematika gerak partikel diudara akan dapat membantu dalam memprediksi nilai hasil keluaran. Pemodelan filtrasi partikel telah dibuat dengan pendekatan gabungan dari mekanika dan elektrostatik. Sistem dibuat untuk gerak partikel dalam medan elektrostatik tegangan rendah untuk mempredisikan lintaasan jatuh dari partikel. Model dituliskan dengan bahasa Java dengan Netbean IDE sebagai compiler. Model diujikan pada sistem filtrasi elektrostatik DC pada tegangan rendah. Hasil perhitungan dibandingkan dengan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Nilai effisiensi dari filter diperoleh sebesar 97% untuk PM2.5dan 21% untuk PM0.1. Pemodelan partikel dalam medan elektrostatik telah berhasil memodelkan filtrasi partikel. Nilai koreksi sebesar 15 % diperoleh setelah perbandingan dengan data uji.