Analisis Diskriminan Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Situs Belanja Baju Online

Main Author: Rahmawati, Bella Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168638/1/Bella%20Nur%20Rahmawati%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168638/
Daftar Isi:
  • Perkembangan era globalisasi informasi saat ini banyak ditandai dengan berbagai macam perubahan, salah satunya dalam bidang teknologi informasi yaitu internet. Sebagian besar produsen menjadikan media internet sebagai strategi untuk memasarkan produk, proses jual beli melalui internet sering disebut dengan e-commerce. Saat ini semakin banyak situs belanja online di Indonesia, tetapi yang terpopuler dan banyak diminati oleh masyarakat adalah Shopee, Lazada, dan Zalora terutama produk baju. Ketiga situs belanja online tersebut digunakan sebagai variabel dependen. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA UB yang pernah membeli baju online (Shopee/Lazada/Zalora) dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah quota sampling dengan sebanyak 100 responden. Sebelum konsumen memutuskan untuk memilih situs belanja baju online ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen yaitu kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan yaitu analisis diskriminan ganda dikarenakan terdapat tiga kategori yang bertujuan untuk membentuk fungsi diskriminan, mengetahui variabel pembeda terkuat dalam pemilihan situs belanja baju online dan untuk memperoleh tingkat ketepatan hasil klasifikasi dari fungsi diskriminan yang terbentuk. Berdasarkan hasil analisis diskriminan yang menjadi variabel pembeda terkuat dalam pemilihan situs belanja online yaitu variabel kepercayaan dengan ketepatan hasil klasifikasi sebesar 64%.