Pengembangan Filter Partikulat Pm0.1 Berbasis Elektrostatis Tegangan Rendah Arus Ac Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor

Main Author: Rayvaldo, Fandi Akhmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168509/1/FANDI%20AKHMAD%20RAYVALDO.pdf
http://repository.ub.ac.id/168509/
Daftar Isi:
  • Partikel ultrafine telah dikenal sebagai senyawa toxic bagi kesehatan manusia. Ada banyak teknologi filtrasi yang dikembangkan untuk mengurangi emisi partikel ultrafine di udara ambient. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan filter berbasis elektrostatis untuk mengurangi konsentrasi partikel ultrafine yang dipancarkan oleh sistem pembuangan emisi sepeda motor. Penelitian ini menggunakan tiga sepeda motor dalam kondisi standar sebagai sampel sumber partikel ultrafine. Filter terbuat dari pelat aluminium dengan ketebalan 2,1 x 10-2 cm. Dalam penelitian ini menggunakan empat buah filter partikulat yang berbeda dengan variasi jarak antar plat, di mana: F1 (3,6 cm), F2 (1,8 cm), F3 (1,2 cm), dan F4 (0,9 cm). Test bench laboratorium digunakan untuk menyelidiki efisiensi filtrasi dari filter yang dikembangkan. Ada tiga variasi frekuensi yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: 60Hz, 684 Hz, dan 1309 Hz. Efisiensi filter ditentukan sebagai rasio antara konsentrasi partikel ultrafine sebelum dan sesudah melewati filter. Konsentrasi partikel ultrafine diukur menggunakan P-Trak Ultrafine Particle Counter (TSI, Model 8525) selama lima menit dengan interval satu menit (tiga pengukuran berulang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi filter tergantung pada gap filter, temperatur emisi, tegangan elektrostatik, frekuensi listrik, dan laju aliran emisi.