Analisis Sentimen Layanan Internet PT XL Axiata Tbk Menggunakan Pohon Klasifikasi
Main Author: | Murti, Astarina Hartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168399/1/Astarina%20Hartika%20Murti%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/168399/ |
Daftar Isi:
- Opini konsumen dalam bidang bisnis digunakan untuk membantu menentukan kebijakan suatu perusahaan. Kebijakan dapat berupa perbaikan produk dan layanan untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Metode untuk mengetahui kecenderungan opini pelanggan adalah analisis sentimen. Analisis ini mengklasifikasikan opini konsumen menjadi tiga, yaitu positif, negatif dan netral. Klasifikasi sentimen dilakukan menggunakan pohon klasifikasi. Penelitian dilakukan dengan studi kasus pada salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT XL Axiata Tbk. Data yang digunakan adalah opini konsumen dalam bentuk kicauan di media sosial Twitter. Kicauan diambil dari berbagai akun yang memuat kata kunci “myxl internet”. Data uji yang digunakan untuk membentuk pohon klasifikasi sebanyak 240 kicauan, kemudian pohon klasifikasi tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen dari data latih sebanyak 103 kicauan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecenderungan opini konsumen layanan internet PT XL Axiata Tbk, menentukan kata-kata yang menjadi ciri suatu sentimen serta menentukan akurasi klasifkasi yang dihasilkan. Kicauan konsumen mengenai layanan internet PT XL Axiata Tbk didominasi oleh sentimen negatif. Sebaliknya, persentase kicauan dengan sentimen positif sangat kecil. Sedangkan kicauan dengan sentimen netral sebesar memiliki persentase sedang. Kata yang dapat menentukan jenis sentimen dari kicauan adalah kata “APN”, “Maaf”, “Tidak”, “Bisa”, “Lemot” dan “Dapat”. Klasifkasi sentimen yang dilakukan mencapai akurasi sebesar 83,49%.