Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Warppls Pada Minat Belanja Online Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya

Main Author: Ishmah, Hazrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168384/1/HAZRINA%20ISHMAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/168384/
Daftar Isi:
  • Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS adalah analisis dependensi multivariat yang menganalisis beberapa variabel secara simultan. Analisis SEM dengan WarpPLS dapat melihat hubungan antar variabel dan untuk melihat apakah variabel eksogen berpengaruh pada variabel endogen. Penelitian ini berdasarkan Theory of Reasoned Action (TRA) yang dikembangkan oleh Ajzen dan Fishben pada tahun 1975. Setelah itu teori tersebut dikembangkan lagi menjadi 2 teori, yaitu Theory of Planned Behaviour (TPB) dan Technological Acceptance Model (TAM). Berdasarkan kedua teori tersebut dilakukan integrasi untuk membuat diagram jalur pada penitian ini. Penelitian ini dilakukan di FMIPA Universitas Brawijaya dengan sampel mahasiswa S1 aktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana penerapan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku belanja online dan variable apa yang paling berpengaruh pada model. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperolehdari kuisioner yang disebar kepada mahasiswa S1 aktif Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengambil 310 sampel mahasiswa S1 aktif Universitas Brawijaya. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah variabel niat perilaku dengan nilai sebesar 72,2 % mempengaruhi variabel perilaku belanja online.