Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada mahasiswa/mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse)

Main Author: Alsabiyah, Tiwik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168348/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya hidup yang terdiri dari 3 dimensi yaitu aktivitas, minat, dan opini terhadap keputusan pembelian oleh mahasiswa/mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse. Hipotesis dalam penelitian ini adalah variabel dari gaya hidup yaitu aktivitas (X1), minat (X2), dan opini (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Jumlah sampel sejumlah 118 orang mahasiswa/mahasiswi yang ada di Universitas Brawijaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F sebagai pengujian hipotesis. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel aktivitas (X1), minat (X2). Dan Opini (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi F (0,000) < α (0,05). Besarnya kontribusi seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,210 atau 21 %, sedangkan sisanya sebesar 79 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial aktivitas (X1) dan minat (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan masing-masing nilai signifikasi t sebesar 0,000 dan 0,001. Sedangkan opini (X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi t sebesar 0,682. Aktivitas (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,526. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya hidup yang terdiri aktivitas, minat, dan opini secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup yang terdiri dari aktivitas dan minat secara parsial berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Aktivitas merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.