Penerapan Hidden Markov Model pada Perpindahan Merek Minyak Goreng (Studi Kasus: Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Sukun, Malang)

Main Author: Josephine, Irene
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168344/2/Irene%20Josephine%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168344/
Daftar Isi:
  • Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Saat ini berbagai macam merek minyak goreng mudah didapatkan di lingkungan sekitar baik itu minyak curah maupun minyak goreng bermerek. Hal ini mengakibatkan daya saing antar produsen minyak goreng semakin besar. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi peluang perpindahan merek minyak goreng Bimoli, Fraiswell, Sunco, Minyak Curah dan Lain-Lain berdasarkan selera dari ibu rumah tangga di Kelurahan Sukun, Malang. Dalam memprediksi perpindahan merek digunakan metode Hidden Markov Model. Hidden Markov Model adalah perluasan dari rantai Markov dimana statenya tidak dapat diamati secara langsung (tersembunyi). Model Hidden Markov dinotasikan dengan