Analisis dan Pengembangan Desain Antarmuka Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB)
Main Author: | Pratama, Raka Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167934/ |
Daftar Isi:
- Sistem informasi FILKOM UB merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki struktur organisasi dan dosen-dosen yang mengajar pada jurusan Sistem Informasi. Saat memasuki akhir periode dari semester, akan melakukan evaluasi dosen, bagaimana kinerja dari dosen tersebut yang terdapat pada kuesioner di SIAM. Namun, kekurangan saat ini untuk mengevaluasi hasil kinerja dari dosen tersebut masih menggunakan print out kertas sehingga boros dalam penggunaan kertas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem evaluasi yang dibuat untuk memberikan informasi evaluasi dosen yang bertujuan untuk mempermudah evaluasi dosen agar lebih efektif dan efisien. Maka dari itu pada penelitian ini akan membuat suatu sistem evaluasi proses belajar mengajar (PBM) berbasis web. Pada penelitian ini menggunakan Human Centered Design sebagai metodologi penelitian. Lalu pada penelitian ini akan merekomendasikan sebuah usulan rancangan desain antarmuka dari sistem evaluasi proses belajar mengajar (PBM) berupa prototipe. Untuk uji coba sistemnya menggunakan usability testing sebagai parameter penilaiannya, dan juga menggunakan 3 metriks yang terdiri dari metrik efektifitas, metrik efisiensi, dan metrik kepuasan. Lalu masuk pada hasil pada penelitian ini ialah mendapatkan hasil dari metrik efektifitas dimana responden atau pengguna berhasil melakukan tugas-tugas yang diberikan dengan sempurna dengan tingkat keberhasilan 100%. Pada metrik efisiensi diperoleh hasil yaitu total rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas-tugas pada sistem evaluasi PBM ini yaitu kurang dari 60 detik. Dan yang terakhir metrik kepuasan, mendapatkan hasil dari penyebaran kuesioner SUS kepada responden sebesar 82.5 dimana pada hasil tersebut dapat diklasifikasikan dalam 3 aspek penilaian, yang pertama “Acceptable”, Kedua “Grade B”, dan ketiga “Excellent”..