Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT. Wilmar Nabati Indonesia di Gresik,Jawa Timur)

Main Author: Pratama, Jefry Setiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167899/
Daftar Isi:
  • DBA Tanggung jawab sosial perusahaan atau biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) sering di definisikan secara sempit sebagai suatu bentuk kegiatan untuk menaikkan pamor perusahaan atau menaikkan reputasi perusahaan di masyarakat. Oleh karena itu banyak perusahaan beranggapan bahwa apabila sudah mel&kukan kegiatan dengan memberikan sumbangan berarti sudah melaktikan tanggung jawab sosial sebagai sebuah perusahaan. Corporate Social esponsibility (CSR) yang kini sedang marak dilaksanakan oleh perusahaan — perusahaan Telah mengalami perubahan dare waktu ke waktu. Konsep ini telah banyak mengalami tahapan sebelum gaungnya terasa seperti saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang mrtinya adadah jenis penelitian yang me jelaskan hubungan kausal antara variabel-variabei meladui pengujian hipotesisePenelitian ini menggunakan nendekatan kuantitatif dengan metod.e penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di lingkungan sekitar perusahaan dan terdapat 92 sampel responden. Berdasarkan hasil penel itian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh secara simultan (bersama-sama) tia, variabel bebas terhadap Citra Perusahaan dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi Iinier berganda diperole variabel bebas mempunyai pengaruh an signifikan secara simultan terhadan Citra Perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh secara bersama-sama (simultan) variabel bebas terhadap variabel Citra Perusahaan dapat diterima. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Aspek Sosial mempunyai nilai t hitting clan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel Aspek Sosial rnempunyai penganth yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Aspek Sosial mempunyai pengaruh yang dominan terhadap citra Perusahaan