Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan (Survei pada Tamu Hotel yang Menginap di Hotel Kartika Graha Malang)
Main Author: | -, Alviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167897/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan; (2) Variabel yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan Menginap. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Kartika Graha Malang. Sampel sebanyak 113 orang responden yang diambil dengan teknik accidential sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) Semua variabel bebas dari kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan menginap wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang; (2) Bukti fisik dan jaminan pada kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara parsial dan signifikan dalam memberikan kepuasan menginap pada wisatawan. Sedangkan faktor lainnya seperti keandalan, daya tanggap, dan empati berpengaruh secara parsial tetapi tidak signifikan dam memberikan kepuasan menginap bagi wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang; (3) Jaminan memiliki pengaruh yang paling dominan dalam memberikan kepuasan menginap bagi wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang.