Pengaruh Atribut terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pengguna Produk iPhone Tipe 5S ke atas pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: Fadhilah, Falah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167894/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan Atribut Produk yang terdiri dari Kualitas Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Kualitas Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Fitur Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Desain Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Metode yang digunakan ialah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam belitian ini meliputi Kualitas Produk, Fitur Produk, Desain Produk dan Struktur Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Produk iPhone Tipe 5S ke atas pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian adalah 115 orang responden dengan karakteristik minimal menggunakan iPhone selama satu tahun dan menggunakan generasi iPhone 5S ke atas. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisa regresi linier berganda. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa Atribut Produk yang terdiri Kualitas Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, secara simultan ataupun parsial. Berdasarkan hasil penelitian ini, ketiga variabel dalam penelitian ini merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena memiliki pengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian pada produk iPhone. Namun pada variabel Kualitas Produk berdasarkan hasil penelitian ini memiliki skor rata-rata terendah jika dibandingkan dengan variabel lain. Oleh karena itu Apple Inc diharapkan mampu terus memaksimalkan kualitas pada produknya agar menjadi lebih baik lagi, melihat pada kondisi saat ini banyak pesaing-pesaing bermunculan yang memperhatikan salah satunya yaitu pada kualitas produk.