Pengaruh Destination Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Main Author: Farida, Nunung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167893/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai hubungan antaradestination image dan kualitas pelayanan dengankepuasan pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjungWisata Edukasi Kampung Coklat Blitar baik secara individu maupun bersama-sama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 121 orang responden yang berkunjung ke Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitaryang sudah berkunjung minimal 1 (satu) kali dan berusia 17tahun ke atas baik berasal dari dalam Kota/Kabupaten Blitar ataupun dari luar Kota/Kabupaten Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Adjusted R Square sebesar 0,476 atau 47,6%. Artinya bahwa 47,6% variabel kepuasan pengunjung (Y) dipengaruhi oleh variabel destination image (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sedangkan sisanya 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel destination image berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan t sebesar0,001<α (0,05). Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan t sebesar 0,000 <α (0,05).Berdasarkan hasil uji-F juga dapat diketahui bahwa variabel destination image dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan F sebesar 0,000 <α (0,05).Berdasarkan hasil penelitian ini Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar disarankan mempertahankan dan meningkatkan destination image dan kualitas pelayanan, karena dengan adanya peningkatan destination image dan kualitas pelayanan tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pengunjung.