Pengaruh Atraksi Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan (Survei pada Wisatawan TN. BTS)
Main Author: | Erhandono, Adam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167887/ |
Daftar Isi:
- Beragamnya atraksi wisata alam maupun budaya dan juga citra destinasi yang baik dapat memotivasi wisatawan, untuk berkunjung ke kawasan TN. BTS, baik wisatawan yang belum pernah berkunjung maupun wisatawan yang sudah berkunjung untuk mengunjunginya kembali. Motivasi merupakan faktor penting bagi wisatawan didalam mengambil keputusan berkunjung mengenai daerah tujuan wisata. Wisatawan akan menggambarkan citra daerah tujuan wisata yang memungkinkan untuk dikunjungi. Motivasi adalah hal yang sangat mendasar dalam studi tentang prilaku wisatawan dan pariwisata, karena motivasi merupakan trigger dari proses perjalanan wisata, walaupun motivasi ini seringkali tidak disadari oleh wisatawan itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah atraksi wisata dan citra destinasi, sedangkan variabel terikat adalah motivasi wisatawan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan variabel atraksi wisata dan citra destinasi berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap motivasi wisatawan. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh dominan dari Atraksi Wisata. Atraksi wisata yang berkualitas, unik, dan tidak terdapat di tempat lain akan membentuk persepsi, persepsi yang selanjutnya akan membentuk citra destinasi yang baik. Citra destinasi dapat mempengaruhi dan memotivasi wisatawan dalam memilih serta mengambil keputusan untuk mengunjungi destinasi tersebut. Dari kedua faktor yang saling berkaitan tersebut akan berdampak dalam memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.