Hubungan Pengalaman Pasien Dengan Citra Rumah Sakit Studi Kasus Rsia Puri Bunda Kota Malang

Main Author: Pertiwi, Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167831/1/Intan%20Pertiwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/167831/
Daftar Isi:
  • Pengalamanpasienmerupakan salah satuvariabelpembentukpersepsipasienterhadappelayanankesehatan. Salah satupembentukcitrarumahsakitadalahpersepsipasienterhadappelayanankesehatan. Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanhubunganpengalamanpasiendengancitrarumahsakit. Penelitiandilakukandengandesaincross sectional melalui surveimenggunakankuesioner tertutuppadapasien RSIA PuriBunda Kota Malang. Sebanyak 110 responden pasien rawat inap dipilih menggunakan teknikconsecutive sampling dengan kriteriausia> 17 tahundan telah menjalani rawat inap selama 2 hari. Pengalamanpasiendiukurmenggunakanmodifikasi instrumen PPE-15 sedangkancitrarumahsakitdiukurmenggunakan 6 butirdimensidarimodifikasiskala Kim et.al,(2008) Rasa hormat yang dirasakanrespondensaatpelayanandiberikanmerupakanaspekpengalamanpasien RSIA PuriBunda yang sudahbaik. Di sisilain, kemudahanaksesbertemudokterdaninformasimengenaitanda- tandakegawatan di rumahmerupakanaspekpengalamanpasien yang paling membutuhkanperbaikankemudiandiikutiolehinformasiefeksampingobatdankesempatandiskusidengandokter. Terdapat hubungan positif yang lemah antara pengalaman pasien dengan citra rumah sakit (r= 0,198, p = 0,047). Dimensikontinuitasdantransisimemiliki hubungan positif yang lemah dengancitrarumahsakit(r = 0, 215, p=0,028), sedangkan dimensi pengalaman pasien yang lain tidak menunjukkan hubungan yang signifikan.Dapat disimpulkan bahwa pengalaman pasien memberikan hubungan positif namun lemah dengan citra rumah sakit, dengan dimensi yang berhubungan adalah kontinuitas dan transisi