Implementasi Pasal 9 Ayat (1) Huruf E Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri (Studi Di Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri)

Main Author: Wijayanti, Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1678/1/DEVI%20WIJAYANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/1678/
Daftar Isi:
  • Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan Implementasi Pasal 9 Ayat (1) Huruf E Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri Di Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri. Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa keluhan para pedagang salah satu pasar yang dikelola oleh pihak PD. Pasar Kota kediri yaitu mengenai kondisi pasar yang kurang layak, kotor, kumuh dan kondisi bangunan pasar. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana implementasi Pasal 9 Ayat (1) Huruf E Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri? (2) Apa yang menjadi kendala dalam implementasi Pasal 9 Ayat (1) Huruf E Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri? (3) Apa solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi Pasal 9 Ayat (1) Huruf E Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri? Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, yang mendasarkan penelitian pada peraturan yang berlaku dan juga dikaitkan dengan keadaan nyata dilapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara di Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri. Hasil penelitian ini penulis memperoleh jawaban yaitu: dalam pengimplementasikan pasal mengenai tugas Direksi dalam mengelola aset/kekayaan PD. Pasar, pihaknya telah melakukan pengelolaan semaksimal mungkin, meskipun hasil akhirnya belum bisa 100% maksimal. Karena permasalahannya menyangkut para pengguna yaitu pedagang dan pembeli. Kendala diantaranya: kurangnya pemahaman para pedagang, melanggar aturan, kurangnya kesadaran mengenai kebersihan pasar, kondisi gedung pasar yang cukup tua, serta lemahnya sanksi dan kurang tegasnya pihak Perusahan Daerah dalam menertibkan aturan Perusahaan. Upaya yang dilakukannya yaitu pembaharuan hak pakai dengan memberikan pengarahan terlebih dahulu, peneguran secara lisan, menyediakan petugas kebersihan, perawatan rutin dan revitalisasi pada salah satu pasar yaitu Pasar Setonobetek di tahun 2017.