Persepsi Mahasiswa Tentang Constructive Feedback Yang Diberikan Oleh Instruktur Saat Skills Lab Prostodonsia

Main Author: Khairani, Adistia Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167735/1/Adistia%20Noor%20Khairani%20%284%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167735/
Daftar Isi:
  • Skills lab merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan untuk pencapaian kompetensi dalam Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (SKDGI) yang harus ditempuh oleh mahasiswa kedokteran gigi, termasuk kompetensi pada perawatan prostodonsia. Interaksi antara instruktur dan mahasiswa selama skills lab diharapkan terdapat constructive feedback. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan skills lab Prostodonsia berdasarkan persepsi mahasiswa tentang constructive feedback yang diberikan oleh instruktur saat skills lab Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods yang mengkombinasikan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Hasil data kuantitatif menunjukkan 55,9% responden beranggapan bahwa feedback yang diberikan oleh instruktur saat skills lab prostodonsia adalah sedang dan 49,1% menyatakan mendapat feedback pada tingkat 3 yaitu berupa pemberian jawaban yang benar ditambah penjelasan yang lebih dalam. Hasil data kualitatif menunjukkan constructive feedback adalah motivasi, perbaikan, dan saran. Cara pemberian feedback yang baik berdasarkan persepsi responden adalah dengan penjelasan, perkataan yang positif, tidak menjatuhkan, jujur, memotivasi, dan mendemokan. Manfaatnya adalah sebagai evaluator, motivator, dan dapat mengetahui kesalahan. Pengalaman responden selama skills lab prostodonsia adalah mendapat feedback baik, persepsi berbeda-beda antar instruktur, dan ada juga instruktur yang tidak memberi arahan sehingga yang perlu dibenahi adalah persamaan persepsi dan cara penyampaian instruktur, perlu adanya pemberian video atau demo saat skills lab, dan ketepatan waktu