Hubungan Antara Pengerjaan Logbook Dengan Nilai Ujian Blok Mahasiswa FKG UB Angkatan 2015
Main Author: | Ashemy, Shabrina Anissizi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167707/1/Shabrina%20Anissizi%20Ashemy%20%284%29.pdf http://repository.ub.ac.id/167707/ |
Daftar Isi:
- Logbook merupakan sebuah buku catatan terstruktur, yang terdiri dari kompetensi dan kontrak belajar. Logbook ini digunakan pada hampir seluruh mahasiswa di rumpun kesehatan. Beberapa institusi pendidikan menggunakan logbook sebagai sistem untuk mendeteksi atau menilai perilaku. Akan tetapi dalam penggunannya tidak lengkapnya logbook, serta tidak digunakannya logbook sesuai dengan tujuan pembelajaran, menyebabkan fungsi logbook untuk menambah pemahaman mahasiswa menjadi tidak dapat tercapai. Salah satu indikator pemahaman mahasiswa adalah melalui ujian blok atau ujian PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengerjaan logbook dengan hasil nilai ujian blok pada Mahasiswa FKG UB angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 70 orang mahasiswa FKG UB angkatan 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dari hasil kuesioner, serta data sekunder yang diambil dari dokumentasi hasil nilai ujian blok (blok 7 dan blok 10) dan dokumentasi logbook mahasiswa FKG UB. Dari panelitian ini didapatkan bahwa dalam pengerjaan logbook mahasiswa FKG UB angkatan 2015 lebih dominan masuk dalam kategori pengerjaan logbook yang sudah cukup efektif. Uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang cukup signifikan dengan arah positif antara pengerjaan logbook yang efektif dengan nilai ujian blok. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efektivitas pengerjaan logbook terhadap nilai ujian blok.