Hubungan Durasi Bermain Gadget Dengan Tingkat Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Preschool (4-5 Tahun) Di TK AS Salam Kota Malang

Main Author: Sitepu, Sri Breginia Relanov
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167579/1/Sri%20Breginia%20Relanov%20Sitepu%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167579/
Daftar Isi:
  • Masalah yang sering muncul pada anak usia preschool (4-5 tahun) adalah gangguan keterlambatan pada motorik halus. Salah satu faktor yang mempengaruhi motorik halus adalah durasi bermain gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara durasi bermain gadget dengan tingkat kemampuan motorik halus anak usia preschool (4-5 tahun). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectionalyang dilakukan dengan mengobservasi kemampuan motorik halus anak dengan panduan lembar observasi.Responden adalah sebanya 60 anak di TK AS Salam Kota Malang di pilih dengan teknik total sampling. Hasil uji statistik spearman correlation rank mempunyai p-value 0,000<0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara durasi bermain gadget dengan kemampuan motorik halus. Nilai koefisien korelasi spearman yaitu sebesar –0,637. Nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang kuat antara durasi bermain gadget dengan kemampuan motorik halus dapat dilihat dari hasil yang bernilai negative menunjukkan adanya hubungan yang terbalik artinya semakin tinggi durasi bermain gadget maka kemampuan motorik halus semakin menurun. disarankan bagi orang tua anak harus meningkatkan kewaspadaan agar selalu mendampingi dan membatasi durasi penggunaan gadget.