Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien JKN Rawat Inap di RS Lavalette Kota Malang
Main Author: | Fersita, Denin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167444/1/Denin%20Fersita%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/167444/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Perilaku Caring merupakan esensi dari keperawatan, sangat penting untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien JKN di RS Lavalette Malang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Responden penelitian ini adalah pasien rawat inap di RS Lavalette Kota Malang yang berjumlah 150 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner Caring Behaviour Inventory (CBI) untuk menilai kepuasan pasien menggunakan kuisioner RATER Nursalam. Analisa data yang digunakan adalah Spearman Rank Kesimpulan: Hasil pengumpulan data yang berupa deskripsi responden dapat disimpulkan a) perilaku caring perawat hasilnya sebagian besar sangat baik, b) kepuasan pasien JKN rawat inap hasilnya sebagian besar adalah baik. Analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifkan dan bersifat positif antara perilaku caring dengan kepuasan pasien JKN rawat inap. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan program perilaku caring pada pasien rawat inap dan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan yang berfokus pada pasien.