Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Tingkat Harga Diri Remaja Kelas XI SMA Negeri 4 Malang

Main Author: Aryandari, Kadek
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167343/
Daftar Isi:
  • Harga diri merupakan penilaian positif maupun negatif terhadap diri sendiri. Salah satu faktori yang mempengaruhi harga diri padai remaja yaitu lingkungan sosial. Lingkungan sosial membuat individu melakukan interaksi sosial didalamnya. Salah satu interaksi sosial yang dapat dilakukan tanpa tatap muka langsung yaitu media sosial Instagram. Fitur yang terdapat didalam media sosial Instagram dapat mendorong adanya efek harga diri pada remaja. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan tingkat harga diri remaja kelas XI SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel penelitian yaitu remaja kelas XI SMA Negeri 4 Malang yang aktif menggunakan media sosial Instagram sebanyak 86 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner intensitas penggunaan media sosial Instagrami dan kuesioner tingkat harga diri RSES. Analisa data menggunakan uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan mediai sosial Instagram remaja kelas XI SMA Negeri 4 Malang paling banyak dalam kategori rendah, sedangkan tingkat harga dirinya sebagian besar merupakan harga diri tinggi. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai signifikansi = 0,310 (p<0,05) dan koefisien korelasi = 0,111. Kesimpulan dari penelitian yaitu tidak terdapati hubungan antara intensitasi penggunaan media sosial Instagrami dengan tingkat harga diri remaja kelas XI SMA Negeri 4 Malang. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu meneliti media sosial yang digunakan remaja selain Instagram.