Pengaruh Perbedaan Pola Pembelajaran Outdoor Dan Indoor Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Alam Ar Rayyan Dan Tk Negeri Pembina 1 Kota Malang
Main Author: | Tari, Putu Sri Devi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167316/1/Putu%20Sri%20Devi%20Tari.pdf http://repository.ub.ac.id/167316/ |
Daftar Isi:
- Setiap anak pasti melewati masa perkembangannya selama hidupnya. Masa perkembangan pada 6 tahun pertama kehidupan merupakan masa yang penting dalam hidupnya. Pengaturan lingkungan pembelajaran sangat diperlukan bagi anak usia prasekolah karena lingkungan dapat dikatakan sebagai guru ketiga bagi anak-anak. Dan sebaiknya lingkungan pembelajaran di buat sedemikian rupa agar anak merasa tertarik pada lingkungan belajarnya. Lingkungan pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan di dalam ruangan, tetapi dapat dilakukan di luar ruangan pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pola pembelajaran outdoor dan indoor terhadap perkembangan anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Alam Ar Rayyan dan TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakandesaincross-sectionaldimana diukur dalam satu waktu. Pengambilan sampel diambil menggunaan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Analisa data diuji menggunakan chi square untuk melihat apakah ada perbedaan perkembangan antara anak yang bersekolah di outdoor (TK Alam Ar Rayyan) dan di indoor (TK Negeri Pembina 1 Kota Malang) dan didapatkan hasil nilai α= 0,01 (signifikan) dengan masing-masing nilai per sektor perkembangan yaitu personal sosial (α = 0,02), motorik halus (α = 0,161), bahasa (α = 0,103). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan pola pembelajaran outdoor dan indoor terhadap perkembangan anak usia prasekolah (4-6 tahun).