Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Label Informasi Nilai Gizi dan Pemilihan Makanan Kemasan antara Metode Edukasi Gizi Personal dan Metode Ceramah pada Mahasiswa Obesitas

Main Author: Ningtyas, Ismi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167291/1/Ismi%20Ningtyas%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167291/
Daftar Isi:
  • Kejadian obesitas meningkat tanpa memandang usia. Obesitas dapat disebabkan karena kegemaran mengkonsumsi snack/makanan kemasan dan jarang memperhatikan kandungan dalam label Informasi Nilai Gizinya. Metode edukasi personal merupakan pemberian edukasi yang dilakukan pada perorangan, sedangkan metode ceramah dilakukan pada sasaran kelompok dan masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan tentang label Informasi Nilai Gizi dan pemilihan makanan kemasan antara metode edukasi gizi personal dan metode ceramah pada mahasiswa obesitas. Desain penelitian ini adalah quasy experimental research dengan pre-test post-test group design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang mahasiswa obesitas di Universitas Brawijaya.Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan terkait label Informasi Nilai Gizi dan pemilihan makanan kemasan melalui kuesioner pada kelompok metode edukasi personal dan ceramah melalui pengukuran pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test tingkat pengetahuan pada kedua kelompok (p=0,000), pada hasil post-test tingkat pengetahuan antara kelompok edukasi personal dan kelompok ceramah (p=0,038) setelah diberi edukasi gizi, antara hasil pre-test dan post-test pemilihan makanan kemasan pada kelompok edukasi personal (p=0,000), dan pada hasil post-test pemilihan makanan kemasan antara kedua kelompok (p=0,000). Tidak ada perbedaan pemilihan makanan kemasan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok ceramah (p=0,317). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan sasaran mahasiswa obesitas, metode edukasi personal dan ceramah dapat meningkatkan pengetahuan terkait label Informasi Nilai Gizi dan pemilihan makanan kemasan walaupun edukasi personal memberikan efek yang lebih besar.