Pengaruh Biblioterapi Menggunakan Buku Tiga Dimensi terhadap Regresi Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di Rumah Sakit Lavalette Malang
Main Author: | Prabowo, Stephanie Dwi Hapsari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167223/ |
Daftar Isi:
- Regresi merupakan dampak hospitalisasi pada anak yang dapat menyebabkan kemunduran perkembangan anak. Biblioterapi adalah proses terapeutik dengan memberi bacaan atau cerita untuk menyelesaikan masalah emosional dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi terhadap regresi anak usia prasekolah (3-5 tahun) yang menjalani hospitalisasi di RS Lavalette Malang. Desain penelitian ini adalah quasy eksperimental. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan 36 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok intervensi mendapat intervensi biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi selama 3 hari, sedangkan kelompok kontrol mendapat intervensi dengan standar rumah sakit. Hasil paired t-test pada kelompok kontrol adalah p > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok kontrol, sedangkan hasil paired t-test pada kelompok intervensi adalah p < 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok intervensi. Hasil independent t-test pada selisih nilai pre-test dan post-test kedua kelompok adalah p < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi terhadap regresi anak usia prasekolah (3-5 tahun) yang menjalani hospitalisasi di Rumah Sakit Lavalette Malang. Disarankan untuk menerapkan biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi di rumah sakit sebagai upaya menurunkan regresi anak.