Analisis SWOT dengan Konsep Strategi Sun Tzu dalam Penentuan Strategi Pemasaran UKM IFFA Batik

Main Author: Ali, Muhammad Fakhri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1672/
Daftar Isi:
  • UKM IFFA Batik di Pekalongan mengalami fluktuasi penjualan pada tahun 2013 – 2015 yang cenderung menurun, padahal data dari Kementerian Koperasi dan UKM juga Kementerian Perindustrian pada tahun 2015 menunjukkan peningkatan yang konsisten dan signifikan pada aspek jumlah unit usaha, tenaga kerja, ekspor non migas, dan investasi industri batik pada beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu saja dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah semakin bertambahnya kompetitor IFFA Batik yang menempati sentra batik yang sama sebagai lokasi penjualan yaitu Pasar Grosir Setono Pekalongan, sehingga perlu dilakukan evaluasi pada strategi pemasaran IFFA Batik dengan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternalnya. Pada tahap awal, dilakukan studi pasar untuk mengetahui kondisi pasar saat ini dan keinginan pelanggan dengan menyebar kuesioner studi pasar kepada pengunjung yang berbelanja di Pasar Grosir Setono Pekalongan sebagai respondennya. Setelah itu, dilakukan analisis kluster hierarki berdasarkan kemiripan karakter masing – masing responden. Metode penyusunan poin – poin kondisi internal dan eksternal IFFA Batik yang digunakan pada penelitian ini adalah Sun Tzu’s Five Key Elements dengan cara menyebar kuesioner kepada pengunjung yang berbelanja di Pasar Grosir Setono Pekalongan dan pihak manajemen IFFA Batik sehingga didapatkan rating dan bobot pada masing – masing variabel five key elements tersebut. Lalu berdasarkan rating dan bobot masing – masing variabel tersebut, dilakukan analisis SWOT untuk mengklasifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman IFFA Batik dan pada tahap terakhir digunakan Sun Tzu’s Stratagems sebagai metode perumusan strategi pemasarannya sehingga dihasilkan strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal IFFA Batik dengan mempertimbangkan karakeristik pasar dan keinginan pelanggan yang ada. Pada tahap studi pasar, didapatkan 11 poin informasi kondisi pasar saat ini dan gambaran keinginan pelanggan. Untuk lebih dispesifikkan, dilakukan proses clustering 11 informasi tersebut menggunakan analisis kluster hierarki sehingga terbentuk 3 kluster. Selanjutnya dilakukan evaluasi faktor internal dan eksternal yang mengacu Sun Tzu’ s Five Key Elements sehingga diperoleh 9 variabel internal dan 13 variabel eksternal beserta rating masing – masing variabel yang kemudian diklasifikasi dengan analisis SWOT sehingga didapatkan 6 kekuatan, 3 kelemahan, 7 peluang, dan 6 ancaman. Lalu, dengan menggunakan semua informasi tersebut, terbentuk 3 strategi pemasaran untuk UKM IFFA Batik yang mengacu kepada Sun Tzu’s Stratagems yaitu befriend a distant state while attacking a neighbour, substitute leisure for labour, dan tossing out a brick to get a jade gem.