Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification

Main Author: Wicaksono, Ericko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167147/
Daftar Isi:
  • Acara merupakan aktivitas yang di lakukan dengan tujuan tertentu. Acara saat ini sangat sering dilakukan dalam durasi, dan lingkup yang berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan acara sangat penting dilakukan. Pengelolaan acara yang telah ada saat ini masih belum baik dikarenakan belum dipakainya teknologi sebagai pendukung. Selain itu, kurangnya minat dari pelaku pengelolaan acara juga memberikan dampak yang kurang baik. pengelolaan acara membutuhkan hal menarik untuk menambah minat dan semangat dari pengelola acara. Maka dilakukan pendekatan berupa gamification dalam pengelolaan acara tersebut. Gamification disini memiliki beberapa elemen. Elemen dari gamification contohnya seperti sistem badge, quest, voting, peringkat, dan penghargaan. Oleh karena itu dilakukan pembuatan aplikasi pengelolaan acara dengan pendekatan gamification yang bebasis website untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan acara. Aplikasi ini dirancang menggunakan pendekatan OO (Object Oriented) dan di implementasikan pada pemrograman java dan Javascriprt. Sistem ini dibangun dengan menggunakan framework Springboot dan Vue. Pembangunan sistem pengelolaan acara dibuat dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan antusias dari pengelola acara. Sistem diuji dengan pengujian whitebox yaitu pengujian unit dan integrasi, serta pengujian blackbox yaitu validasi yang menghasilkan sejumlah 37 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional teruji valid.