Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno
Main Author: | Kusuma, Harry Bali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167120/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki arti penting dalam membangun kualitas layanan perpustakaan. Website merupakan media informasi berbasis elektronik diharapkan sebagai upaya memberikan layanan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan beberapa variable pada Webqual 4.0 yaitu Usability, kualitas informasi, dan Kualitas layanan interaksi. Dengan tujuan untuk mengetahui nilai kualitas layanan pada situs www.perpusbungkarno.perpusnas.go.id dari persepsi pengguna dengan melakukan analisis deskriptif. Sedangkan IPA (Importance Performance Analysis) digunakan sebagai analisis berupa analisis kesesuaian, analisis kesenjangan, dan analisis kuadran IPA. Data didapatkan dengan melakukan penyebaran kuesioner dan didapatkan sample sebesar 100 responden. Hasil analisis kualitas Website UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno memiliki tingkat kesesuaian < 100% yaitu sebesar 76% yang berarti kualitas layanan yang diberikan belum memuaskan. Dan dalam tingkat kesesuaian kurang dari 100% juga dijelaskan bahwa nilai dari 66% - 99% berarti pengguna kurang puas. Rata-rata nilai kesenjangan (GAP) Website UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno (< 0) atau bernilai negatif hasil rata-rata dari nilai kesenjangan ini adalah sebesar -0,81 artinya kualitas kinerja Website masih belum dapat memenuhi harapan pengguna. Hasil analisis kuadran IPA (Importance Performance Analysis) atribut yang harus dilakukan perbaikan adalah atribut yang berada pada kuadran pertama dan kuadran ketiga, karena pada dua kuadran tersebut memiliki tingkat kinerja yang rendah, yang dimana itu akan mempengaruhi tingkat kepentingan pengguna untuk mengandalkan atribut tersebut. Jadi 6 (enam) Atribut pada kuadran pertama tersebut merupakan atribut dengan kepentingan tinggi namun penerapan kinerjanya masih rendah atau belum sesuai dengan harapan dari pengguna Website UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Pada kuadran ketiga terdapat 4 (empat) atribut yang harus dilakukan perbaikan. Atribut pada kuadran ketiga merupakan atribut dengan nilai kepentingan rendah namun nilai kinerjanya juga rendah. Maka dari itu tidak diharuskan untuk melakukan perbaikan karena 4 atribut ini termasuk kedalam atribut dengan prioritas rendah. Dari hasil tersebut direkomendasikan perbaikan difokuskan dari analisis pada kuadran pertama dan kuadran ketiga berdasarkan 3 dimensi yang ada pada Webqual 4.0 antara lain dari dimensi Usability berkaitan dengan perbaikan konten informasi, dan tampilan Website. Kedua dari dimensi kualitas informasi viii perlu dilakukan pembenahan untuk akurasi informasi, dan informasi yang detail. Ketiga dari dimensi interaksi perlu dilakukan perbaikan pada ruang personalisasi, kemudahan interaksi pada Lembaga, dan layanan yang dijanjikan.