Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering Berdasarkan Lrfm Model Pada Toko Sepatu (Studi Kasus: Ride Inc Kota Malang)
Main Author: | Dharmawan, Muhammad Taufik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167112/ |
Daftar Isi:
- Ride Inc. merupakan toko sepatu kulit yang berdiri pada tahun 2012 di Kota Malang. Data pelanggan yang dimiliki belum dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai yang mampu membantu Ride Inc. dalam menyusun strategi bisnis untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Selain itu, penentuan jumlah kulit yang dibeli menjadi penyebab dalam kerugian. Segmentasi pelanggan merupakan pembagian kelompok terhadap pelanggan yang memiliki kemiripan karakteristik dan mampu memberikan informasi dari kelompok yang menguntungkan dan tidak menguntungkan. Karakteristik pelanggan dapat dilihat dengan menerapkan LRFM model atau Length (rentang waktu transaksi terakhir dan pertama), Recency (rentang waktu penelitian dengan transaksi terakhir), Frequency (jumlah transaksi yang dilakukan), dan Monetary (total uang yang telah dikeluarkan). Metode yang digunakan dalam pengelompokkan pelanggan adalah Fuzzy C-Means clustering. Dalam penerapan metode clustering, elbow method digunakan untuk membantu proses penentuan jumlah cluster yang baik secara iteratif dengan menampilkan hasil berupa grafik. Data yang digunakan dari Ride Inc. adalah data transaksi pelanggan sejumlah 668 data transaksi dan 522 pelanggan pada periode Juli 2017 hingga Maret 2018. Hasil jumlah cluster berdasarkan elbow method adalah dua cluster dan tiga cluster yang kemudian diimplementasikan ke dalam Fuzzy CMeans. Analisis segmen pelanggan berdasarkan LRFM model berupa peringkat dari kelompok pelanggan yang menguntungkan dengan melihat nilai L, F, dan M tertinggi dan R terendah. Visualisasi dashboard yang berisi tiga halaman dengan bentuk grafik dan diagram menjadi output penelitian berdasarkan nilai LRFM yang diberikan ke Ride Inc. Hasil rata-rata dari uji usability terhadap 2 responden adalah 65 yang berarti pihak Ride Inc. menerima visualisasi dashboard tersebut.