Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung (Zea Mays L.) (Di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri)
Main Author: | Wijayanti, Verina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167099/1/Verina%20Wijayanti.pdf http://repository.ub.ac.id/167099/ |
Daftar Isi:
- Jagungmemilikikedudukan yang pentingsetelahberaskarenajagungtermasukkedalamsalahsatubahanmakananpokok di Indonesia.Jagungdigunakanuntukuntukkebutuhankonsumsirumahtangga, kebutuhanindustri non makanan, dankebutuhanpakansecaralangsung.Di Jawa Timur,Kabupaten Kediri merupakansalahsatusentraproduksijagungdimanakecamatan yang memilikikontribusibesarsebagaipemasokjagung di Kabupaten KediriadalahKecamatanPapar. Dan desa yang memilikikontribusibesarsebagaipemasokjagung di KecamatanPaparadalahDesaKedung Malang dimanaDesaKedung Malang merupakansentrapenghasiljagung di KecamatanPapar. Sistempemasaranjagung di DesaKedung Malang, KecamatanPapar, Kabupaten Kediri melibatkanbeberapalembagapemasaransepertipengumpuldesamaupunpenebas. Keterlibatanlembagapemasarandikarenakanadanyaketerbatasanpetanidalammenga kseskonsumen, danketerbatasanpetanidalammelakukanfungsi-fungsipemasaran yang dapatmemperlancarpenyampaianprodukdariprodusenkekonsumen.Hal inimembuatfungsilembagapemasaransangatberperanuntukmenyalurkanjagungters ebutdariprodusensampaikekonsumen.Sehinggadenganadanyaketerlibatanlembaga pemasaranmembuathargajagung di tingkatpetanidenganhargajagung yang dibayarkanolehkonsumenberbeda. Studiinibertujuanuntukmenganalisis (1) polasaluranpemasaran, (2) efisiensiharga, dan (3) efisiensioperasionalpadapemasaranjagung di DesaKedung Malang, KecamatanPapar, Kabupaten Kediri. Penelitianinidilaksanakan di DesaKedung Malang, KecamatanPapar, Kabupaten Kediri padabulan November 2018 denganjumlahrespondenpetanisebanyak 32 petanidenganmetodesimple random sampling danjumlahrespondenlembagapemasaransebanyak 2 orang yang terdiridari 1 orang pengumpuldesadan 1 orang penebasdenganmetodesnowball sampling. Analisis yang digunakandalamstudiiniyaituanalisis data kuantitatif yang digunakanuntukmenganalisissaluranpemasarandanmenganalisisefisiensipemasara njagung yang diukurdenganmenggunakanduapendekatanyaitupendekatanefisiensiharga yang dianalisisdariperhitunganbiayatransportasidanselisihhargajualantarlembagadanpen dekatanefisiensioperasional yang dianalisisdariperhitunganmarjinpemasaran, farmer’s share, danrasiokeuntungandanbiaya. Hasilstudimenunjukkanbahwaterdapatduasaluranpemasaranjagung, yaitu: (1) Petani – PengumpulDesa – Konsumendan (2) Petani – Penebas – PengumpulDesa – Konsumen. Dimanamasingmasinglembagapemasaranmelakukanfungsipemasaran yang berbeda-ii beda.Berdasarkananalisisefisiensihargadenganpendekatanbiayatransportasidanseli sihhargajualantarlembagadidapatkanhasilbahwaefisiensisudahtercapai.Hal inidisebabkankarena rata-rata biaya yang dikeluarkanmasihrelatiflebihkecildibandingkandenganselisihharga yang didapatkanolehmasingmasinglembagapemasaran.Berdasarkananalisisefisiensioperasionaldenganpendeka tanmarjinpemasaran, farmer’s share, danrasiokeuntungandanbiayadidapatkanhasilbahwasaluranpemasaran 1 merupakansaluranpemasaran yang memilikimarjinterkecildanfarmer’s share yang tinggi, namundilihatdarinilairasiokeuntungandanbiaya yang kurangdari 1 mengindikasikanbahwasaluranpemasaraninibelumefisien. Sedangkansaluranpemasaran 2 merupakansaluranpemasaran yang memilikimarjinlebihbesardarisaluranpemasaran 1 danfarmer’s share yang lebihrendahdaripadanilaifarmer’s sharesaluranpemasaran 1, dandilihatdarinilairasiokeuntungandanbiayadariseluruhlembagapemasaran yang kurangdari 1 mengindikasikanbahwasaluranpemasaraninijugabelumefisien. Nilai R/C yang kecilinidikarenakanpengumpuldesamemberikanharga yang kompetitifuntukkonsumen, agar konsumentidakmencaripedagang lain. Peningkatanefisiensidaripemasaranjagungdapatdilakukandenganpetanimemi lihsaluranpemasaran 1karenamarjin yang terbentuklebihrendahdanshareharga yang diterimapetanilebihtinggi.Hal inidisebabkanpadasaluranpemasaran 1, hanyamelewatisatulembagaperantarasajayaitupengumpuldesa.Dan untukpeningkatannilai R/C, pengumpuldesadanpenebaskedepannyadiharapkandapatmeminimalisirbiaya yang dikeluarkanuntukpemasaran.Hal inibertujuan agar keuntungan yang didapatkandapatlebihtinggidaripadabiaya yang dikeluarkan.Sehinggapadaakhirnyaefisiensipemasarandenganpendekatanefisiensio perasionaldapattercapai.