Analisis Pengaruh Eco-Label Pada Minuman Kemasan Karton Aseptis Dengan Label Sertifikasi Forest Stewardship Council (Fsc) Terhadap Customer Value Dan Keputusan Pembelian
Main Author: | Putri, Fildzah Wafi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167035/ |
Daftar Isi:
- Green product seperti ekolabel yang beredar di Indonesia sudah beraneka ragam salah satunya kemasan minuman yang memiliki sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). FSC merupakan standar yang didirikan pada tahun 1993 di Jerman dan dilakukan oleh organisasi non-pemerintah untuk mendorong pengelolaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap hutan melalui sertifikasi produk sektor hutan. Produk yang menggunakan label FSC di Indonesia seperti Ultramilk, Teh Kotak, Buavita, Fruit Tea, dll. Adanya label sertifikasi FSC memicu perilaku konsumen untuk melakukan pembelian pada produk tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen tentang eco-label terhadap customer value dan keputusan pembelian produk minuman kemasan karton aseptis bersertifikasi FSC serta kesadaran konsumen sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan di Kota Malang dengan sampel mahasiswa yang pernah membeli minuman kemasan karton aseptis dengan label sertifikasi FSC. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa sebanyak 141 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 22.0 dan software WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eco-label berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer value dengan path coeficient 0,602 dan p-value <0,001. Eco-label berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sebesar 0,332 dan p-value <0,001. Customer value berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sebesar 0,328 dan p-value <0,001. Customer value memediasi sebagian hubungan antara eco-label terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,197 total effect 0,529 dan p-value <0,001. Kesadaran konsumen memoderasi hubungan antara customer value dan keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,214 dan p-value 0,004.