Evaluasi User Experience Menggunakan metode Mecue Questionnaire Pada Aplikasi Traveloka dan Pegipegi
Main Author: | Hadi, Ricco Anjasmara Putra Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166952/ |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi ini pengguna telah dimudahkan dalam pembelian tiket transportasi. Pada bidang transportasi mulai muncul aplikasi yang mewadahi bidang tersebut untuk memudahkan layanan pada pengguna. Layanan yang ditawarkan dalam bidang transportasi salah satunya adalah aplikasi e-commerce tiket online. Aplikasi tersebut menerapkan layanan berbasis mobile yang disebut aplikasi mobile-ticketing (m-ticketing). Aplikasi mobile-ticketing merupakan suatu trobosan dari instansi transportasi maupun e-commerce untuk memudahkan pengguna dalam melakukan akses transaksi pembelian tiket tanpa harus datang ke tempat pelayanan tiket. Salah satu aplikasi berbasis mobile-ticketing yang muncul adalah aplikasi Traveloka dan Pegipegi. Dengan banyaknya pengguna yang tertarik untuk menggunakan mobile ticketing saat ini. Aplikasi yang menyediakan layanan tersebut dituntut untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna dari banyak aspek. Salah satu aspeknya adalah user experience, aspek user experience harus diperhatikan oleh pengembang sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi aplikasi dari Traveloka dan Pegipegi menggnakan metode kuesioner meCUE. Sebelum dilakukan pengujian tersebut kuesioner yang berasal dari bahasa jerman itu harus diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Dalam penelitian sebelumnya kuesioner ini telah dikembangkan dan divalidasi kedalam bahasa inggris oleh Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner. Agar mendapatkan hasil penerjemahan kuesioner meCUE kedalam bahasa indonesia yang valid, kuesioner ini diuji validitas dan reliabilitasnya oleh para ahli, penilaian ahli dan perhitungan uji validitas dan reliabilitas. Acauan yang digunakan adalah nilai r tabel yang akan dibandingkan dengan nilai r hitung untuk menentukan nilai validitas dari tiap pernyataan. Unutk pengujian reliabilitas nilai 0.70 dijadikan acuan dalam penelitian ini. Oleh karena itu apabila nilai alpha Cronbach <0.70 maka pernyataan pada kuesioner tersebut dinyatakan tidak reliabel. Setelah didiapatkan hasil yang valid dan reliabel, kuesioner disebarkan kepada 60 responden yang memenuhi kriteria, yaitu pernah menggunakan aplikasi Traveloka dan Pegipegi atau yang sering menggunakan kedua aplikasi tersebut. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata tertinggi untuk Traveloka adalah 5,90 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,49 (negative emotions), pada aplikasi Pegipegi nilai rata-rata tertinggi adalah 5,08 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,48 (negative emotions). Rata–rata untuk nilai keseluruhan adalah 5,8 untuk Traveloka dan 4,5 untuk Pegipegi.