Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Activinspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Tema Kehidupan Sekolah Kelas X Lmt Sman 2 Malang
Main Author: | Amaliah, Kiki Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166923/ |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan media dalam pembelajaran menjadi hal yang penting untuk membangun minat siswa terhadap pelajaran. Namun, dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Malang siswa hanya diajarkan dengan menggunakan media presentasi power point sehingga siswa tidak merasa tertarik dengan pelajaran dan pada akhirnya saat pengambilan nilai, banyak siswa yang mendapai nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Activinspire. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual yang inovatif dan kreatif yang digunakan pada pembelajaran bahasa Jepang tema kehidupan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat SMAN 2 Malang. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembanga ADDIE yang terdapat lima tahapan, yaitu analize, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap implementasi dilakukan dengan dua tahapan yaitu dengan tahap uji coba kelompok kecil dan tahap uji coba kelompok besar. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi, tes, dan angket tanggapan siswa. Validasi media dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi para ahli, media pembelajaran Activinspire memperoleh hasil presentase 97% pada validasi ahli media dengan kategori sangat valid dan pada ahli materi dengan presentase 97% dalam kategori sangat valid. Dari validasi tersebut, di dapatkan rata-rata dengan presentase 97% dengan kategori sangat valid. Hasil ketuntasan pretes siswa hanya mencapai 20% sedangkan pada hasil ketuntasan postes siswa mencapai presentase 100% tuntas. Selain itu, hasil respon siswa terhadap media didapatkan nilai presentase sebesar 76,7% pada uji coba kelompok kecil dan hasil nilai presentase sebesar 96,4% pada tahap uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil diatas, dapat dikatakan bahwa siswa tertarik pada media pembelajaran Activinspire sebagai media dalam proses pembelajaran bahasa Jepang.