Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Pada Tokoh Sayaka Kudo Pada Film Birigyaru (Flying Colors) Karya Sutradara Nobuhiro Doi
Main Author: | Putra, Ary Angkasa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166915/ |
Daftar Isi:
- Metode CTL merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh pengajar di dalam kegiatan belajar mengajar. Metode CTL ini dapat menghubungkan kegiatan nyata yang dialami oleh siswa dengan pelajaran yang diterima oleh siswa dari pengajar dan sebaliknya juga pengajar harus dapat mengaitkan pelajaran yang diajarkannya ke dalam kegiatan nyata yang dilakukan siswanya. Metode ini dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan studi tentang pengaruh metode contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar pada tokoh Sayaka Kudo pada film Birigyaru (Flying Colours) karya sutradara Nobuhiro Doi yang menceritakan tentang sosok guru yang bernama Tsubota-sensei dapat membuat Sayaka berubah yang sebelumnya dari tidak memiliki motivasi belajar menjadi memiliki motivasi belajar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 3 fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tokoh Tsubota-sensei pada film Birigyaru (Flying Colours), 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada tokoh Sayaka pada film Birigyaru (Flying Colours), 3) Pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar pada tokoh Sayaka pada film Birigyaru (Flying Colours). Teori yang peneliti jadikan acuan adalah 1) Teori Jumantah, DEPDIKNAS, Slavin, dan Trianto mengenai metode CTL, 2) Teori Abdul Majidmengenai faktor-faktor motivasi belajar dan 3) Teori Jumantah, Trianto, dan Abdul Majid mengenai pengaruh metode CTL terhadap motivasi belajar Sayaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data observasi. Hasil studi menunjukkan bahwa : 1) Metode pembalajaran CTL yang diterapkan oleh Tsubota-sensei meliputi pembelajaran bermakna, berpikir kritis dan kreatif, standar pencapaian yang tinggi, mengembangkan potensi individu, dan penilaian autentik. 2) Faktor-faktor motivasi belajar meliputi motivasi internal dan motivasi eksternalnya. 3) Metode CTL yang ditemukan memberi pengaruh menerapkan pelajaran yang diterima, memiliki pemikiran kritis dan kreatif, berani menetapkan standar yang tinggi, terjadi peningkatan terhadap semangat belajar, dan ada peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil tes.