Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Pelaporan Nilai di Sekolah Menengah Atas dengan Menggunakan Expectation - Confirmation Model dan DeLone & McLean
Main Author: | Utama, David Tria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166898/ |
Daftar Isi:
- Penerapan teknologi sistem informasi telah digunakan oleh beberapa SMA Negeri di kota Kediri seperti SMAN 2, SMAN 3 dan SMAN 4 Kediri. Pada awal tahun ajaran 2017/2018 sekolah menengah atas seperti SMAN 2, SMAN 3 dan SMAN 4 Kediri mulai menggunakan sistem pelaporan nilai berbasis web dalam rangka mempermudah kebutuhan guru untuk mengelola nilai rapor menggantikan sistem manual dengan pembukuan rapor yang selama 36 tahun digunakan. Di dalam sistem pelaporan nilai digunakan untuk memasukkan nilai tugas, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), menampilkan nilai-nilai yang diperoleh siswa dan mencetak nilai rapor. Sejauh ini penerapan sistem pelaporan nilai terdapat beberapa permasalahan seperti pada nilai rapor. Beberapa mata pelajaran terdapat nilai psikomotor yang memang kosong ( - atau null) karena tidak ada penilaiannya namun ketika ditampilkan pada sistem pelaporan nilai yang muncul adalah nilai 0 yang menandakan adanya sebuah nilai. Meskipun ini hal kurang berarti namun bagi pihak sekolah ini menjadi permasalahan yang rumit ketika rapor ini digunakan untuk pendaftaran ke perguruan tinggi. Selain itu terdapat permasalahan cetak nilai saat rapor akan dibagikan di akhir semester. Permasalahan ini menyebabkan diundurnya waktu pembagian rapor yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas dan kesuksesan sistem e-rapor berdasarkan model Expectation-Confirmation Model dan DeLone & McLean Model. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah sampel jenuh karena jumlah populasi pengguna sistem yang sedikit yaitu 39 responden. Hasil analisis kualitas sistem pada variabel perceived usefulness, confirmation, satisfaction termasuk kategori tinggi dan IS Continuance Intention termasuk kategori sangat tinggi sehingga kualitas sistem e-rapor termasuk kategori tinggi dengan nilai persentase 80,50% . Hasil analisis kesuksesan sistem pada variabel information quality, system quality, use dan user satisfaction termasuk kategori tinggi, service quality termasuk kategori cukup tinggi dan net benefit termasuk kategori sangat tinggi sehingga tingkat kesuksesan sistem e-rapor termasuk kategori tinggi dengan nilai persentase 74,50%.