Pengaruh Merek dan Negara Asal (Country Of Origin) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiwa pengguna Oppo atau Samsung smartphone di Fakultas Ilmu Administrasi angkatan tahun 2013-2015)

Main Author: Purwitasari, Tyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166850/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek dan Negara asal (Country Of Origin ) yang terdiri dari variabel merek, Negara asal (Country Of Origin ) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang memiliki dan pernah membeli smartphone Samsung dan 116 responden yang memiliki dan pernah membeli smartphone Oppo dan merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Adjusted Rsquare (koefisien determinasi) untuk merek Oppo sebesar 0,746, sedangkan untuk merek Samsung sebesar 0,899 artinya bahwa untuk merek Oppo 74,6% dan Samsung 89,9% variabel keputusan pembelian di pengaruhi oleh variabel Merek dan Negara asal (Country Of Origin ) dan sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel merek dan Negara asal terhadap keputusan pembelian dengan hasil signifikansi t(0,000)<α=0,05