Evaluasi User Experience pada Game Augmented Reality Wall Climbing Menggunakan Heuristic Playbility (PLAY) (Studi Kasus : Wahana Jawa Timur Park 3)
Main Author: | Dwisaputra, Aryo Seto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166843/ |
Daftar Isi:
- Permainan Wall Climbing berbasis Augmented Reality merupakan salah satu wahana permainan yang tersedia di Funtech, Jawa Timur Park 3. Permainan ini memadukan teknologi Projection Mapping yang merupakan salah satu bagian dari Augmented Reality dengan permainan panjat tebing konvensional yang sudah dimodifikasi agar dapat dimainkan oleh semua orang, terutama anak-anak. Perpaduan teknologi Augmented Reality dengan panjat tebing memunculkan pengalaman pengguna yang baru dan menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Metode playtesting digunakan dengan heuristic playbility (PLAY) sebagai instrumennya. Terdapat 20 orang responden yang merupakan pengunjung yang sedang bermain di Funtech dengan berbagai macam latar belakang. Hasil dari instrumen Heuristic Playbility terbagi menjadi 3 Kategori.. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan antara dimensi yang ada pada instrumen heuristic playbility terhadap nilai taraf signifikansinya. Kesimpulannya adalah pemainan Wall Climbing memilki pengalaman pengguna yang baik bagi para pemain dari segala macam latar belakang yang mengunjungi wahana permainan. Namun, beberapa kendala seperti kontrol permainan yang mengurangi pengalaman pengguna saat bermain permainan Wall Climbing.