Evaluasi Dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design

Main Author: Azis, Malik Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166826/43/Malik%20Abdul%20Azis.pdf
http://repository.ub.ac.id/166826/
Daftar Isi:
  • Pembuatan aplikasi e-Complaint menjadi salah satu pendukung terlaksananya Open Government Indonesia. Usability menjadi salah satu aspek penting pengukuran kualitas aplikasi. Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya evaluasi terhadap antarmuka e-Complaint supaya masyarakat dapat dengan nyaman menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dua aplikasi e-Complaint yaitu LAPOR! dan Qlue, dan membuat rancangan aplikasi e- Complaint yang baru berdasarkan hasil evaluasi kedua aplikasi di awal penelitian. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pengujian usability yang di dukung dengan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Masing-masing parameter memiliki beberapa pernyataan yang akan diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi. Penyusunan kerangka perbaikan pada penelitian ini menggunakan Human Centered Design (HCD) karena pada setiap tahapan pada penelitian melibatkan pengguna. Pengujian akan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal dan pengujian akhir. Pengujian awal dilakukan untuk menganalisa tingkat usability aplikasi LAPOR! dan Qlue. Kemudian pengujian akhir dilakukan untuk mendapatkan nilai usability rancangan rekomendasi aplikasi e-Complaint. Hasil evaluasi pada aplikasi LAPOR! berada pada kategori cukup baik, aplikasi Qlue berada pada kategori baik namun di batas bawah kategori, dan rancangan antarmuka aplikasi e-Complaint berada pada kategori baik namun melebihi tingkat usability aplikasi Qlue