Konflik Dan Negosiasi Dalam Industri Musik Yang Tercermin Dalam Film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru Karya Sutradara Norihiro Koizumi
Main Author: | Ohorella, Reval Renaldy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166807/ |
Daftar Isi:
- Konflik dapat terjadi di mana saja, seperti dalam industri musik. Ogasawara Aki, seorang penulis lagu berselisihpaham dan menentang Takagi Soichirou, seorang kepala managemen dari sebuah industri musik yang selalu memanfaatkan orang lain untuk kepentingan dirinya dan bisnis semata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran konflik serta strategi negosiasi yang terjadi di dalam industri musik dalam film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru karya sutradara Norihiro Koizumi. Untuk pemecahan masalah akan digunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Ian Watt, jenis-jenis konflik oleh James A.F. Stoner & Charles Wankel, strategi negosiasi oleh Arbono Lasmahadi, dan teori mise-en-scene Sikov. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi dalam industri musik disebabkan oleh pertentangan pendapat ataupun keinginan. Ditemukan tiga jenis konflik yang terjadi dalam industri musik dalam film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru, yaitu 1. Konflik interpersonal, 2. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, 3. Konflik intrapersonal. Konflik yang terjadi dalam industri musik tersebut tidak hanya terjadi pada tokoh Aki dan Takagi saja melainkan juga terhadap para musisi lainnya, salah satunya pada tokoh Teppei. Ditemukan juga strategi negosiasi Lose-Win (kalah-menang) dan Win-Win (menang-menang) yang digunakan Takagi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi terhadap musisinya.