The Correlation Between Efl Learners’ Vocabulary Learning Strategies And Vocabulary Mastery
Main Author: | Panotonagoro R, Arhamedho Akbar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166791/1/ARHAMEDHO%20AKBAR%20PANOTONAGORO%20R..pdf http://repository.ub.ac.id/166791/ |
Daftar Isi:
- Pebelajar bahasa Inggris sebagai pebelajar bahasa kedua atau asing harus menguasai keterampilan dasar bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis secara mendalam dan tepat. Kosakata dianggap sebagai komponen kunci dalam berbahasa yang menjadi landasan bagi pembelajaran yang efisien untuk menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penguasaan kosakata sangat penting untuk pelajar bahasa asing atau kedua karena kosakata diperlukan untuk berkomunikasi dalam bahasa sasaran. Untuk pelajar bahasa kedua, strategi-strategi pembelajaran kosakata membantu memfasilitasi pembelajaran kosakata mereka. Oleh karena itu, penelitian saat ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengetahui korelasi antara strategi-strategi pembelajaran kosakata dan penguasaan kosakata mahasiswa angkatan 2017 Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. 30 dari 142 mahasiswa dari kelas A, B, C, D, dan E dipilih melalui sampel acak sederhana sebagai sampel penelitian ini. Peneliti menggunakan dua instrumen dalam penelitian ini, yaitu kuesioner strategi pembelajaran kosakata yang terdiri dari 40 butir dan tes tingkat kosakata. Komputasi statistik dengan rumus Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS versi 22 dilakukan untuk menganalisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (rvalue) adalah 0,391 dengan nilai tvalue 2,438. Dengan nilai df 28, ditemukan bahwa rvalue lebih tinggi dari rtabel (0,391> 0,374) dan nilai tvalue juga lebih tinggi dari ttabel (2,438> 1,701) pada 5% standar signifikan yang berarti bahwa ada korelasi positif yang rendah antara strategi-strategi pembelajaran kosakata mahasiswa dan penguasaan kosakata mereka. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak sehingga disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara strategi-strategi pembelajaran kosakata dan penguasaan kosakata mahasiswa angkatan 2017 Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.