Evaluasi Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Main Author: Lestari, Putri Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166783/
Daftar Isi:
  • PLN Mobile merupakan aplikasi mobile yang dibangun oleh PT. PLN yang bertujuan untuk memberikan pelayanan listrik melalui mobile apps. PLN Mobile memiliki beberapa layanan yaitu informasi, cek tagihan, penyediaan listrik, pengaduan, dan contact center. Aplikasi PLN Mobile belum bisa mencapai tujuannya dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan mobile karena banyaknya keluhan pengguna pada user review google playstore terkait navigasi atau penggunaan aplikasi yang sulit, karena itu perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui permasalahan usability pada antarmuka aplikasi PLN Mobile. Pada penelitian ini evaluasi usability dilakukan menggunakan metode heuristik Nielsen. Metode evaluasi heuristik merupakan metode yang digunakan untuk menemukan masalah usability dalam desain antarmuka suatu produk berdasarkan kepatuhan terhadap 10 prinsip usability. Evaluasi heuristik pada penelitian ini dilakukan oleh 4 orang expert usability. Evaluasi heuristik aplikasi PLN Mobile menghasilkan 22 temuan permasalahan dengan nilai rata-rata severity rating tertinggi terdapat pada prinsip H-3 (User control and freedom) yaitu severity rating 2,7. Sedangkan prinsip heuristik dengan persentase temuan terbesar adalah H-4 (Consistency and Standards) dengan persentase 22,88% dari seluruh temuan masalah. Penelitian ini juga memberikan tampilan rekomendasi perbaikan desain berupa perbaikan tata letak, perubahan tampilan dan penambahan fungsi berdasarkan hasil evaluasi heuristik, yang bisa digunakan sebagai pertimbangan pihak PLN Mobile dalam memperbaiki aplikasi tersebut.