Gambaran Kecerdasan Tokoh Raoul Dalam Film Animasi Un Monstre À Paris Karya Bibo Bergeron

Main Author: Elianingsih, Monica
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166760/
Daftar Isi:
  • Kecerdasan mengandung arti sebuah kemampuan individu dalam berpikir, mengingat sesuatu atau memecahkan masalah. Tema mengenai kecerdasan sering diangkat ke dalam sebuah karya seni, salah satunya adalah film Un Monstre à Paris karya Bibo Bergeron. Film tersebut mengisahkan tentang kedua sahabat yang bernama Raoul dan Emile yang secara tidak sengaja menciptakan monster kutu yang amat besar, dan menjelaskan bagaimana tokoh Raoul beserta teman-temannya dapat menyelesaikan permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kecerdasan yang dimiliki oleh tokoh Raoul serta faktor apa saja yang memengaruhinya dalam film Un Monstre à Paris karya Bibo Bergeron. Penelitian ini menggunakan teori kecerdasan Thriachic Theory oleh Robert J. Sternberg pada tahun 1990 (Solso, Maclin, & Maclin, 2007, hal. 461). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena data atau hasil yang ditampilkan berupa teks deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Raoul memiliki ketiga bentuk kecerdasan sesuai dengan yang terdapat dalam teori kecerdasan Robert J. Sternberg. Kecerdasan tersebut adalah kecerdasan analitis, kecerdasan kreatif dan kecerdasan praktis yang dipengaruhi oleh tiga aspek yaitu dunia internal, pengalaman, dan dunia eksternal. Namun, kecerdasan yang paling dominan yang dimiliki tokoh Raoul tersebut adalah kecerdasan kreatif. Penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya agar mengkaji mengenai ekranisasi Novel Un Monstre à Paris karya Mathieu dan Vanessa Paradis dengan film Un Monstre à Paris karya Bibo Bergeron karena novel dan filmnya dibuat oleh penulis dan pengarang yang berbeda, tentu saja akan ditemukan banyak perbedaan dari keduanya. Selain perbedaan dari keduanya juga akan ditemukan banyak penambahan dan pengurangan adegan serta tidak luput dari perubahan dari karya yang satu ke karya yang lain.