Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Bidang Komunikasi, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batu)

Main Author: Boleng, Theresia Emiliana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166757/
Daftar Isi:
  • Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan organisasi perangkat daerah yang berperan sebagai penyedia informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki proses bisnis utama di Bidang Komunikasi. Pada proses bisnis utama terdiri dari proses bisnis pembentukan kelompok informasi masyarakat, pembinaan kelompok informasi masyarakat, mengumpulkan berita, melaporkan dan mempublikasikan berita, dan pemeliharaan web KIM. Dalam pelaksanaan proses bisnis sehari-hari ditemukan beberapa permasalahan yang menggangu jalannya proses bisnis yang ada. Terdapat 6 permasalahan yang ditemukan yaitu terjadinya kesalahan dalam menyebarkan undangan, terjadi kesalahpahaman antar stakeholder, tidak melakukan penggalian data, pengumpulan informasi yang tidak valid, merekayasa laporan dan pembuatan solusi tidak sesuai dengan target. Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan evaluasi proses bisnis serta melakukan perbaikan pada proses bisnis. Langkah pertama pada penelitian ini adalah melakukan identifikasi proses bisnis utama dan pendukung menggunakan metode value network analysis. Kemudian memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis serta evaluasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sehingga dapat menganalisis masalah secara mendalam dan mengurutkan permasalahan berdasarkan nilai RPN tertinggi yang akan dijadikan evaluasi. Dilanjutkan pada tahap penyusunan rekomendasi perbaikan proses bisnis menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan bantuan tools pada BPI yaitu streamlining. Dari hasil simulasi proses bisnis saat ini (as is) dan rekomendasi (to be) pada proses bisnis melaporkan dan mempublikasikan berita ditemukan bahwa peningkatan pada time analysis mengalami peningkatan efektivitas waktu hingga 54.34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses bisnis rekomendasi (to be) dapat menghasilkan durasi pemecahan masalah yang lebih cepat dan menghasilkan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meminimalisasi permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil analisis dan evaluasi.