An Analysis Of Efl Teachers’ Strategies In Teaching Speaking
Main Author: | Fals, Iwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166706/1/Iwan%20Fals.pdf http://repository.ub.ac.id/166706/ |
Daftar Isi:
- Di dalam mengajar berbicara bahasa Inggris, guru bahasa Inggris diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang bagus, namun juga memiliki pengetahuan yang luas tentang strategi mengajar berbicara untuk menciptakan kelas yang kooperatif dan meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar berbicara. Mereka harus memiliki pengetahuan yang luas dalam mengimplementasikan strategi-strategi tersebut secara tepat sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mengajar berbicara yang diterapkan oleh guru-guru bahasa Inggris di MAN 2 Probolinggo sebab mereka berperan dalam pencapaian gemilang sekolah tersebut dalam berbagai kompetisi berbicara bahasa Inggris yang mengindikasikan bahwa mereka mampu membuat siswa belajar berbicara bahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus untuk mendapat informasi tentang strategi mengajar berbicara guru-guru tersebut beserta implementasinya. Subyek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris di MAN 2 Probolinggo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi kelas dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif untuk mendapatkan informasi secara detail tentang strategi mengajar berbicara yang diterapkan oleh subyek penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kedua guru menerapkan aktifitas diskusi, permainan komunikasi, berdongeng, permainan peran, dan drilling sebagai strategi mengajar berbicara. Strategi mengajar berbicara yang paling dominan adalah drilling. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru-guru bahasa Inggris memiliki strategi bengajar berbicara yang variatif seperti aktifitas diskusi, permainan komunikasi, berdongeng, dan permainan peran untuk menjadikan aktifitas berbicara lebih menarik dan untuk mendapatkan ketertarikan siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris.