Evaluasi Dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi EzySchool

Main Author: Arifin, Ikrima Nuha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166676/
Daftar Isi:
  • Aplikasi EzySchool adalah aplikasi untuk mengontrol aktivitas peserta didik di sekolah. Aplikasi yang ditujukan untuk orang tua peserta didik ini dikembangkan sejak 2017, tetapi belum menerapkan prinsip-prinsip perancangan User Experience (UX) yang baik dan benar. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi UX meskipun desain User Interface (UI) Aplikasi EzySchool telah cukup baik untuk mengetahui tingkat keberhasilan UX yang diterapkan agar memenuhi ekspektasi penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan permasalahan usability berdasarkan prinsip heuristik sekaligus merancang desain solusinya berdasarkan saran evaluator, severity ratings dan Google Material Design (guidelines). Pendekatan Human-Centered Design (HCD) digunakan karena pendekatan pengembangan desain dan sistem interaktifnya berfokus pada user dan kebutuhan user. Metode Heuristic Evaluation (HE) pun digunakan untuk menemukan dan menilai temuan permasalahan usability berdasarkan prinsip heuristik dengan bantuan expert sebagai evaluator. Pengumpulan data awal dilakukan dengan melakukan interview dengan stakeholder EzySchool mengenai analisis konteks penggunaan aplikasi. Kemudian, dilakukan pengujian heuristik awal (melibatkan 3 evaluator) yang menghasilkan 17 temuan masalah sebagai acuan dasar kebutuhan pengguna untuk merancang desain solusi. Hasil penelitian ini adalah perbandingan hasil evaluasi awal dan desain solusi beserta desain solusi dengan UX yang lebih baik yang ditunjukkan dengan penurunan 10 masalah heuristik sehingga hanya ditemukan 7 masalah pada desain solusi.