Dekonstruksi Sosok Guru Dalam Dorama Gto: Great Teacher Onizuka 2012 Karya Kazuhisa Imai
Main Author: | Haruta, Dionestya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166660/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan objek berupa Dorama live action yang GTO: Great Teacher Onizuka yang menceritakan tentang seorang mantan ketua geng motor bernama Eikichi Onizuka yang bekerja sebagai guru di SMA Meishuu. Sebagai sosok guru, penampilan Onizuka dapat dikatakan tidak mencerminkan seorang guru dengan berpenampilan layaknya berandalan. Onizuka mendapat pertentangan dari para guru. Meskipun cara mengajarnya di kelas asal-asalan, namun Onizuka selalu mengajarkan tentang arti kehidupan kepada murid-muridnya bahkan membantu menyelesaikan masalah yang terjadi, baik masalah yang terjadi di sekolah maupun masalah di keluarga. Sehingga terjadilah dekonstruksi sosok guru yang dilakukan oleh Onizuka. Pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimana dekonstruksi pada sosok guru konservatif menuju guru modern pada sosok guru dalam dorama GTO: Great Teacher Onizuka 2012. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Dekonstruksi yang dikemukakan oleh Jaques Derrida. Penulis juga menggunakan teori Tokoh dan Penokohan untuk menguatkan hasil penelitian. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa gambaran dekonstruksi sosok guru yang dilakukan oleh tokoh utama sesuai dengan tahapan dekonstruksi yakni Mengidentifikasi hierarki oposisi dalam teks, Membongkar oposisi biner, yaitu dengan cara membalik oposisi biner, dan Memperkenalkan sebuah gagasan baru. Dari ketiga tahap tersebut Onizuka membuat gagasan baru bahwa guru dengan pemikiran baru (oposisi baru) bisa diterima di lingkungan sekolah, dan membuktikan bahwa guru konservatif (oposisi lama) tidak selamanya diterima oleh lingkungan sekolah terutama di kalangan para murid.