Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan PDAM menggunakan Fitur Geotagging Berbasis Android (Studi Kasus: PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur)

Main Author: Purnomo, Anggi Mahadika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166652/
Daftar Isi:
  • PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur sebagai suatu badan pengelola air bersih di Sangatta Utara berupaya untuk memaksimalkan pelayanan dan menangani pengaduan keluhan dengan cepat dan tepat guna merealisasikan misi yang ada. Berdasarkan wawancara dengan karyawan PDAM, dapat disimpulkan bahwa prosedur pelaporan yang manual dinilai kurang efektif karena kurangnya informasi mengenai bagian yang menangani laporan pelanggan sehingga pelanggan akan kesulitan ketika akan melapor melalui telefon dan PDAM tidak dapat memberikan umpan balik kepada pelanggan. Selain itu pelanggan juga harus datang langsung untuk menyerahkan bukti tagihan air untuk laporan tagihan yang tidak sesuai pemakaian. Masalah lain yaitu mengenai lokasi pelanggan yang diberikan secara manual akan mempersulit pihak PDAM dalam mencari alamat apabila lokasi berada di pelosok. Untuk dapat menangani permasalahan diatas, solusi yang penulis tawarkan yaitu dengan mengembangkan aplikasi mobile pelaporan keluhan pelanggan PDAM dimana pelanggan dapat melaporkan keluhannya melalui aplikasi mobile dan karyawan dapat memberikan umpan balik melalui website admin. Penulis menggunakan model waterfall dalam mengembangkan aplikasi. Pada penelitian ini menggunakan fitur geotagging untuk menambahkan lokasi pada gambar yang dilampirkan oleh pelanggan. Kemudian dilakukan pengujian unit, validasi, serta compatibility. Berdasarkan pengujian validasi didapatkan hasil bahwa semua fungsi bernilai valid yang berarti telah sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan. Hasil dari pengujian compatibility menunjukkan bahwa aplikasi mobile dapat digunakan pada 4 versi OS Android yang berbeda.