Teachers’ Strategies In Teaching Speaking For The Eleventh Grade Students In Kelas Lintas Minat Of Sma Negeri 1 Batu

Main Author: Asmayanti, Maya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166606/
Daftar Isi:
  • Pengajaran speaking bukan tugas yang mudah untuk seorang guru, dikarenakan guru harus melakukaan sesuatu yang beda dari apa yang biasa dilakukan dalam mengajar skill yang lain. Guru harus mempunyai banyak strategi dalam mengajar speaking untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam speaking. Ada satu permasalahan yang diselesaikan dalam penelitian ini yaitu strategi apa yang dinakan oleh guru dalam mengajar speaking di kelas sebelas lintas minat SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek yang diteliti adalah guru bahasa inggris untuk kelas sebelas lintas minat. Terdapat tiga puluh lima siswa di kelas. Data dari penelitian ini diperoleh dari observasi selama delapan pertemuan dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, berdasarkan teori dari Kayi (2006), terdapat empat belas strategi yang dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar speaking, diantaranya : discussion, brainstorming, information gap, role play, simulation, interview, reporting, speech, story completion, picture describing, picture narating, find the difference, dan playing card. Dari empat belas strategi tersebut, guru hanya menggunakan tiga strategi yang sesuai dengan materi di kelas sebelas lintas minat, yaitu: discussion, information gap, dan brainstorming. Strategi yang paling sering digunakan oleh guru dalam mengajar speaking adalah discussion dan information gap.strategi tersebut sangat effectif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam speaking.