Konsep Ganbaru Pada Tokoh Shimamura Uzuki Dalam Anime The Idolm@Ster: Cinderella Girls Karya Noriko Takao
Main Author: | Diyanti, Auliya Rakhma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166605/ |
Daftar Isi:
- Konsep ganbaru merupakan sebuah konsep masyarakat Jepang. Ganbaru merupakan core personality atau etos kerja dari masyarakat Jepang untuk berusaha terus menerus agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam memulai sebuah kegiatan, proyek atau hal-hal yang baru, orang Jepang cenderung langsung berpikir untuk ganbaru, atau berusaha sebisa mereka untuk mencapai tujuan. Konsep ganbaru tidak hanya ada pada dalam diri personal, namun juga dapat tercermin dalam karakter pada sebuah karya sastra seperti anime. Manifestasi konsep ganbaru ini tercermin pada tokoh Shimamura Uzuki dalam anime THE iDOLM@STER: Cinderella Girls. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan konsep ganbaru berdasarkan Kaoru Amanuma, Akiko Sakata, Sabine Frühstück, Roger Davies dan Osamu Ikeno. Konsep ganbaru dapat didefinisikan sebagai konsep untuk melakukan yang terbaik, tidak menyerah hingga akhir dan semangat dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana cara analisis menggunakan cara deskriptif dan tekstual untuk menganalisis dialog dan adegan dalam anime The Idolm@ster: Cinderella Girls. Hasil penelitian ini menunjukkan konsep ganbaru tercerminkan pada tokoh Shimamura Uzuki pada anime The Idolm@ster: Cinderella Girls dalam perjalanannya dalam mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang idol. Contohnya pada saat Shimamura belum memulai debutnya, Shimamura mengikuti les menari untuk mempersiapkan debutnya. Setelah Shimamura debut menjadi seorang idol, Shimamura juga mencerminkan konsep ganbaru, seperti pada saat terjadi masalah dalam unit idolnya, Shimamura tetap melanjutkan kegiatannya sebagai idol dengan semangat serta menyemangati teman-temannya agar tetap semangat dan melakukan yang terbaik.